--> Skip to main content

DTC error P0017 dan U140C pada Wuling Almaz

Hello om bro.
Lama sekali ga nulis di blog ini, bahkan kemarin hampir sama lewat perpanjangan domainnya.

Dalam tulisan kali ini karena saya sudah ganti mobil lagi ke mobil China Wuling Almaz RS Pro 2022, jadi mungkin akan kita update blog buluk ini dengan trouble shooting dari Wuling Almaz. Kebetulan baru pegang mobil ini belum sebulan tapi sudah muncul indikator lampu mil yang nyala.

Awalnya saat kemarin mobil di bawa kerja, pas sampe parkiran kenapa tiba tiba muncul check engine. Langsung ga mood buat kerja, tapi kebutuhan ga bisa ditinggal. Akhirnya mobil tetap dipake pulang dengan perasaan campur aduk.

Hari berikutnya karena penasaran akhirnya beli obd2 untuk mobil. Kebetulan si Wuling Almaz ini pake obd2 sama dengan mobil kebanyakan.

Kita coba dulu pake obd2 yang murah dengan harga 30 ribuan.

1 hari sampe langsung kita coba pada mobil Wuling Almaz dan muncul fault code P0017 dan U140C.

Tanpa check apa errornya langsung saja di clear dan ketika sampai 100% kita matikan mesin dan nyalakan. Taraaa, akhirnya lampu mil bisa hilang.

Karena penasaran, akhirnya coba browsing dong apa saja error dari code P0017 dan U140C pada Wuling Almaz ini.

Ternyata untuk code error P0017 ini unik error' pada sensor CKP atau Camshaft Position. Mungkin kotor atau soketnya kendor entahlah, harus di cek lebih lanjut ke bengkel resminya. Tapi yang saya tahu jika CKP rusak adalah si mesin tidak akan nyala karena si ECU tidak memberikan perintah untuk buka tutup Camshaft nya. Btw, entahlah yang penting sudah solving problemnya.

1 lagi yang error adalah kode unik U140C, yang mana dari general error mobil lain menyebutkan bahwa error ini karena sensor ABS. Benar atau salahnya mungkin harus di cek kembali pada sensornya. Apakah karena kotor atau soket kendor.

Tapi yang menjadi perhatian adalah si soket abs ini sudah banyak dikenal kurang bandel atau sedikit cengeng ketika terkena air saat hujan dan bisa menimbulkan error' pada indikator check engine.

BTW, sementara malam ini mungkin sedikit tenang untuk pake mobilnya besok. Dan sementara ga usah ke bengkel dulu selain karena waktunya ga ada keburu sama kebutuhan kerja, juga masih ragu untuk scan di bengkel resmi harus bayar atau gratis.

Coba om bro yang pernah scan doang di bengkel resmi, gratis atau bayar..
Dulu pake Livina, scan dan reset di bengkel resmi kena 250 rb bayarnya.

Cmiww
Beli OBD2 mini ELM327 disini https://s.shopee.co.id/1qGrCSckKZ



Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar