--> Skip to main content

Ganti Selang Pressure Power Steering sendiri

Daripada ke bengkel, mendingan ganti Ganti Selang Pressure Power Steering sendiri dirumah.
Mengganti selang ini sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit, namun sekali lagi ini bukan buat yang ga suka belepotan oli, karena yang namanya bocor pasti kemana-mana tuh oli…hehehe

Masalah yang mendera saya waktu itu adalah kunci pas yang digunakan adalah ukuran 15 dan 18, ukuran yang jarang ada. Karena tdk ada terpaksa saya gunakan kunci inggris kecil. Bukan tool yang proper untuk pekerjaan ini dan ya hasilnya saat itu memang membuat saya  semakin menderita saja….hikz, egp lah…lanjut truss

Step by step

Untuk memudahkan membuka sisi atas, saya buka dulu saluran udara, sesudah dibuka saya mesti memanjat keatas bemper depan (untung blazer bempernya bisa dinaikin) untuk menjangkau sisi bagian atas dari pompa power steering.

Pertama, buka dulu sensor tekanan oli power steeringnya, selanjutnya buka bagian atas. Membuka baut selang bagian atas tidak terlalu sulit, karena ruangnya masih cukup luas untuk tangan saya dan kunci inggris kecil untuk masuk.

Kesulitan muncul ketika saya membuka bagian bwh karena posisi yang sulit dijangkau. Posoisi yang ‘nyempil’ , badan terbaring dikolong, bikin tangan saya yang gemuk ini susah bermanuver, alhasil setelah 1 s/d 2 jam lebih selang belum berhasil saya buka..hehehe.

Namun saya tdk akan menyerah, saya ambil saja gergaji besi (tanpa gagang) dan saya beri gagang gulungan kertas. Dengan susah payah saya potong saja pipa didekat baut penguncinya, tujuannya agar saya bisa masukan kunci soket. Dengan ruang gerak yang sempit, keringat bercucuran, dan setelah 1/2 jam berlalu akhirnya saya berhasil memotong pipa yang terbuat aluminium tsb. Selanjutnya….jreng-jreng, saya tdk punya kunci sok ukuran 15, tapi alhamdulillah  kunci busi (kunci busi standar yang bisa belok-belok) ternyata pas untuk buka baut pengunci sisi bawah ini, diputar sedikit lepas sudah si baut yang nyempil itu.

Oh ya, pada saat dibuka, selang bagian atas maupun bawah maka oli akan keluar, karena itu siapkan wadah dibawahnya agar tdk berceceran.  Sekedar catatan saja , bahwa saat melakukan penggantian selang ini adalah saat yang tepat juga untuk menguras oli power steering. Namun saya sendiri tdk melakukannya karena sebelumnya sdh terkuras pada saat kebocoran besar terjadi, saya timpa terus dengan oli atf baru, dan setir sengaja saya putar kiri-kanan sampai habis 2 liter lebih oli atf.
Yang lama sudah lepas, yang baru segera bisa dipasang. Pasang dulu sensor tekanannya di selang baru, kemudian posisikan seperti selang lama. Pasang dulu bagian bawahnya. Hati2 saat memasang baut pengunci, jangan gunakan kunci untuk memutar paksa baut, gunakan tangan dahulu untuk memastikan posisi pipa dan seal lurus kedalam lubang pompa PS, kalo sdh lurus baru putar dengan tangan dan kalau sdh properly fit in baru deh dikencengin pakai kunci, itu pun tdk usah terlalu keras, karena dikhawatirkan bisa merusak ulir di pompa ps tsb.Jika selang sdh terpasang lalu pasang kembali sensornya. Sensor ini berfungsi menjaga RPM tetap stabil jika pompa ps mengalami pekerjaan berat. Selanjutnya masukan oli ATF baru di reservoir, dibutuhkan kira2 1 liter oli ATF untuk keperluan ini. Hidupkan mesin dengan tabung reservoir terbuka, maksudnya agar udara didalam terbuang lewat saluran balik yang ada ditabung reservoir dan terus tambahkan oli ATF sampai batas aman atas.
Semoga berguna.

cek aja TKP langsung disini. http://audiobbm.com/2013/11/21/ngoprek-chevrolet-blazer-part-7-ganti-selang-pressure-power-steering/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar