--> Skip to main content

9 hal yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan mobil blazer.

9 hal yang harus diperhatikan dalam memeliharan Blazer
Sekedar mengingatkan kembali beberapa hal yang menjadi standar dari pemeliharaan mobil blazer. Walaupun hanya saya tulis 9 item, semoga yang 9 item ini menjadi hal yang penting dalam setiap saat kita memeliharan si kebo blazer.
9 hal tersebut adalah :

1. Pemakaian minyak rem sebaiknya menggunakan => Brake fluid DOT4
2. Power Steering => Dextron II D (ATF) => Volume 1 liter
3. Transmission ATF Dextron IID+Lubrizol Volume 2 lt GMI – P/N 0FBH0229
4. Radiator Coolant
Ethylene Glycol Based coolant Volume 8.5 liter campuran 50/50 dengan air bersih
5. Pengisian BBM
Sebaiknya minimum ¼ tangki harus sudah diisi lagi, karena Kalau menunggu sampai posisi hampir habis (merah), kotoran yg mengendap di tangki bensin bisa ikut tersedot dan akan merusak fuel pump.
Pemeriksaan fuel pump mudah dilakukan sendiri. Caranya hidupkan mesin, dengarkan bunyi dengung di sekitar ban belakang kiri. Jika bunyi dengungnya terasa kencang seperti suara gerombolan lebah itu berarti fuel pump sudah mulai bermasalah.
6. Tekanan angin ban yang dianjurkan 30-34 psi.
Usahakan saat mengukur atau menambah angin saat kondisi ban dingin.
7. Penggantian saringan udara, saringan bensin, sebaiknya diganti tiap 15.000km.
8. Sedangkan ganti busi setiap 30.000km.
Dimana lokasi busi di blazer dohc dan bagaimana cara melepasnya ? Lokasi busi DOHC, buka cover warna merah (yang ada tulisan DOHC) dengan melepas dulu baut menggunakan kunci torx 20 atau 'L' 5.
Dibalik penutup tersebut ada tempat kabel dan busi seperti mobil lainnya, tarik kabel businya menggunakan pengungkit yang sudah disediakan di situ. Buka busi menggunakan kunci busi 16mm.
9. Jadwal penggantian timing belt untuk Opel Blazer Timing belt, terutama tensionernya perlu di cek berkala setiap 7500km. Sedangkan penggantian tiap 30.000km untuk DOHC dan 60.000km untuk SOHC.

Sumber : http://balapyuk.blogspot.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar